Selasa, 08 September 2015

Cara Mudah Bercocok Tanam Apel

Cara Mudah Bercocok Tanam Apel | apel adalah salah satu jenis buah yang paling banyak diminati dimasyarakat. Saat ini banyak orang berbisnis dengan budidaya apel karna apel memilki nilai jual yang tinggi dan sangat menguntungkan bagi pembududayanya. Ada banyak jenis apel yang ada saat ini, mulai dari yang kualitasnya baik hingga yang kualitasnya rendah.

Cara Mudah Bercocok Tanam Apel

Untuk itu anda harus bisa memilih terlebih dahulu bibit yang memiliki kualitas yang bagus agar menghasilkan buah yang bagus juga. Ada cara tersendiri dalam budidaya apel agar mendapatkan hasil yang berkualitas tinggi.

Berikut kami sajikan cara budidaya apel, simak selengkapnya dibawah ini :

1. Pembibitan Apel
Pembibitan apel bisa dilakukan dengan dua cara yaitu vegetative ( dengan menggunakan biji ) dan generative 9 dengan stek atau okulasi ). Ornag lebih banyak menggunakan cara vegetative karna hasil yang diperoleh lebih baik daripada yang menggunakan cara generative karna pembiakan generative sering kali menyimpang dari induknya. Dalam pemilihan phon apel, pilihlah pohon apel yang kokoh dan daya adaptasi yang tinggi.

Ada tiga cara dalam mendapatkan bibit dari pohon dengan menggunakan cara generative yaitu :
a. Bibit apel bisa didapat dengan anakan yang merupakan tunas dari tanaman apel.Tunas tersebut haruslah dari pohon apel yang produktif dan mencapai tinggi 30cm. Anakan bisa dicabut lalu dipotong-potong cabangnya dan segera ditanam pada bendengan yang memiliki lebar 60cm dan dalam 40cm.

b. Bibit apel bisa didpat dari rundukan dimana tanaman apel yang memiliki batang memanjang ditempelkan pada tanah dan ditimbun sampai akhirnya memunculkan tunas baru. Setelah 4 bulan, rundukan bisa dipotong.

c. Bibit apel bisa didapat dari stek yakni memperoleh bibit apel dengan melalui stek. Caranya adalah dengan memotong salah satu dahan apel dengan panjang 20cm dan lalu dicelupkan bagian bawahnya ke dalam larutan Roton F yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar dengan lebih cepat dan juga lebih baik tentunya.

2. Penyiapan Lahan dan Penanaman
Lahan yang bisa digunakan dalam menanam apel adalah lahan dengan kandungan nutrisi yang baik. Lahan yang bakan digunakan untuk tempat penanaman apel diolah terlebih dahulu dengan mencampurkan pupuk kandang agar tanah menjadi lebih baik kondisinya. Dan jangan lupan untuk memilih tanah dengan pH yang sedang yakni jangan lebih dari 6. Penyiraman juga diperlukan untuk menjaga kelembaban tanah agar lebih baik untuk bibit tanaman apel tadi.

Dalam penanaman apel harus ditanam dengan jarak yang teratur  agar hasilnya lebih maksimal. Jarak yang dianjurkan adalah sekitar 2-3 meter. Namun mungkin untuk varietas tertentu akan sedikit berbeda. Untuk cara menanam pohon apel adalah bibit yang sudah disiapkan bisa dimasukkan kedalam lubang yang telah disediakan dan padatkan lagi tanah disekitar bibit agar tidak goyah.

3. Perawatan Tanaman Apel
Merawat tanaman apel memang agak sulit, anda bisa melakukan pemupukan serta penyiraman tanaman dengan teratur agar tanaman apel bisa berbuah dengan kualitas yang baik. Tanaman apel perlu dipangkas karna mungkin ada bagian dahan dan pucuk yang tidak produktif. Penyemprotan pestisida juga penting agar terhindar dari hama yang merusak tanaman dan buah. Ini akan membuat hasil panen maksimal nantinya.

Demikian pembahasan tentang Cara Mudah Bercocok Tanam Apel yang bisa kami sajikan. Semoga bisa membantu anda yang sedang kesulitan bagaimana cara bercocok tanam apel yang mudah. Jangan lupa membaca artikel lain yang terbaru tentang Cara Bercocok Tanam SemangakaYang Memuaskan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Bercocok Tanam Apel

0 comments:

Posting Komentar