Selasa, 08 September 2015

Cara Sederhana Bercocok Tanam Cabe Rawit

Cara Sederhana Bercocok Tanam Cabe Rawit | Cabe termasuk bumbu utama dalam memasak, khususnya bagi seseoranag yang menyukai pedas. Salah satu cabe yang paling digemari adalah cabe rawit. Cabe ini bisa memberikan sensasi pedas gila yang bisa membuat penikmat masakan pedas semakin ketagihan.

Cara Sederhana Bercocok Tanam Cabe Rawit

Dengan banyaknya permintaan pasar untuk cabe, banyak petani saat ini yang memilih berbudidaya cabe. Selain itu, harga cabe ini cukup terbilang mahal dipasaran. Cabe sebenarnya tidak mengenal musim, bila musim penghujan tanman cabe tidak perlu diairi hanya mengandalkan air hujan saja. Budidaya cabe sangatlah gampang, juga tidak memerlukan biaya yang besar juga.

Berikut ini akan kami sajikan cara sederhana bercocok tanam cabe rawit. Simak selengkapnya dibawah ini :

Pertama, Menyiapkan lahan tanam bibit dan pembibitan
Siapkan lahan dan dicangkul terlebih dahulu sebagai persemaian bibit sementara. Proses ini tidek memerlukan lahan yang luas hanya sepetak tanah saja yang dibutuhkan. Beri sedikit pupuk kandang supaya pertumbuhan bibit jadi lebih cepat dan hasilnya bagus.

Kedua, Pemilihan Bibit.
Pemilihan bibit ini dilakukan sebelum persemaian bibit. Anda harus meilih cabe yang sudah tua dan sehat, lalu dijemur diterik matahari langsung hingga benar-benar kering kira-kira sampai 10 hari. Setelah benar benar kering sempurna tumbuk cabe secara pelan-pelan, agar biji cabe tidak pecah, lalu pisahkan biji cabe dari kulitnya.

Ketiga, Tahapan persemaian.
Taburkan biji yang sudah kering tadi pada lahan tanam bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tutuplah atasnya dengan jerami kering agar biji cabe tidak ketika proses penyiraman atau ketika hujan deras. Lakukan proses penyiraman 2 kali sehari yaitu pagi da sore hari. Setelah cabe sudah muali berkecambah dan memiliki daun, angkatlah jeraminya. Proses penyiraman tetap dilakukan 2 kali sehari.

Keempat, Penanaman di Lahan.
Pindahkan cabe yang ada dipersemaian kelahan yang lebih luas dan sudah disiapkan terlebih dahulu. Biasanya ini dilakukan ketika turun hujan atau sehabis hujan agar bibit yang dipindahkan tidak layu karna kekurangan air.

Kelima, Perawatan.
Dalam perawatan cabe ini sangatlah simple, Lakukanlah perawatan dengan mencabuti rumput di sekitarnya.beri pupuk pada usia satu bulan. Caranya letakkan pupuk di sebelah batang cabe kurang kira kira 1 sendok makan. Bila tanaman cabe anda terserang hama semprotlah dengan pestisida.

Ketujuh, Panen.
Cabe dapat dipanen sekitar umur 3 bulan dari penanaman. Sebaiknya anda memanen cabe ini 5 hari sekali agar tanaman cabe tidak rusak dan hasil yang didapat adalah cabe yang memiliki kualitas yang bagus.

Demikian tentang Cara Sederhana Bercocok Tanam Cabe Rawit yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga ini bisa menambah wawasan anda tentang cocok tanam. Jangan lupa mengunjungi artikel lainya tentang  Cara Praktis Bercocok Tanam Bawang Merah Dirumah 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Sederhana Bercocok Tanam Cabe Rawit

0 comments:

Posting Komentar